jokowi

Jumat, 23 Mei 2014

Jokowi : Visi Jokowi-JK Tempatkan Polri di Bawah Kementerian Jangan Direvisi!

Jokowi : Visi Jokowi-JK Tempatkan Polri di Bawah Kementerian Jangan Direvisi!

Duet Jokowi-JK memiliki gagasan untuk menempatkan Polri di bawah kementerian. Gagasan ini dinilai baik dan diharapkan tak direvisi.

"Memang, kalau dipikirkan, secara struktural posisi polisi di bawah presiden rawan untuk dipolitisir," kata pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar saat berbincang, Sabtu (24/5/2014).

Bambang mendukung visi tersebut. Dia mengatakan Polri memang lebih baik ditempatkan di bawah suatu kementerian. Agar ada filter lebih baik untuk kebijakan-kebijakan Polri.

"Lebih baik tidak di bawah Presiden. Apakah itu di Departemen Kehakiman, apakah di dalam Polhukam, ini tujuannya supaya polisi tidak mudah dipolitisir," ujarnya.

Bambang menyayangkan jika gagasan tersebut akan direvisi. Dia berharap Jokowi-JK memikirkan kepentingan bangsa yang lebih besar, jangan merevisi gagasan hanya karena ada desakan.

"Jangan direvisi kalalu itu sudah bagus. Masalah penempatan lembaga itu kepentingan bangsa dan negara yang harus jadi pertimbangan dasar, tak hanya soal kepentingan Polri. Harusnya berpikir lebih luas," ujarnya.

Tim pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla akan merevisi visi misi mereka terkait kedudukan Kepolisian Negara RI. Dalam visi misi yang disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum, pasangan ini berencana menempatkan Polri di bawah sebuah Kementerian Negara.

"Kami tidak ingin menjadi pengusung capres yang belum apa-apa sudah akan mengubah Undang-undang," kata Hasto saat berbincang dengan detikcom, Jumat (23/5/2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar